Waspada! 4 Barang yang Sering di Sentuh Setiap Hari Ternyata Tempat Bakteri Menempel

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Setiap orang tidak akan pernah lepas dari berbagai peralatan rumah yang digunakan setiap hari. Baik benda berupa peralatan mandi, makan dan minum, maupun benda-benda pribadi lainnya seperti baju hingga dompet dan ponsel.

Baca juga : Download Aplikasi Ini Untuk Melacak Nomor Tidak Dikenal yang Mengganggu

Tanpa kita sadari, ketika barang-barang tersebut hampir setiap hari digunakan tentunya barang akan mudah kotor entah itu debu atau bakteri yang menempel hingga menumpuk semakin banyak di permukaannya. Berbagai macam kotoran yang menumpuk pada benda-benda ini bisa menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit.

Baca juga : 4 Masjid Ini Memiliki Design Unik dan Megah : Semua Rancangan Ridwan Kamil

Dilansir dari situs Health.com, berikut kami telah merangkum beberapa benda yang sering di sentuh setiap hari ternya tempat bakteri menempel :

Sikat Gigi 

Foto : Doc. Pinterest

Benda yang setiap hari kita gunakan untuk membersihkan sela-sela gigi ini ternyata menjadi tempat favorit kuman dan bakteri berkumpul dan berkembang biak.

Bahkan sebagian besar masyarakat jarang sekali membersihkan gagang sikat gigi ini.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan sekitar 27 persen bakteri Coliform yang menempel pada permukaan gagang sikat gigi.

Bakteri ini termasuk mikroorganisme yang menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk Salmonella dan E.coli. Untuk itu, kamu perlu membersihkan gagang sikat gigi secara rutin mulai dari sekarang.

Ponsel 

Foto : Doc. Walpapper Flare

Hampir seharian rasanya kita tidak akan pernah terpisahkan dari ponsel setiap harinya. Hal ini dikarenakan ponsel atau smartphone menjadi salah satu barang pribadi yang sering digunakan dan dibawa ke mana saja. Bahkan tidak jarang, benda ini sering diletakkan di berbagai tempat.

Hal inilah yang semakin meningkatkan potensi banyaknya kuman dan bakteri yang menempel pada permukaan benda tersebut. Bahkan dikatakan, bakteri dan kuman yang menempel pada ponsel masih tetap ada meskipun sudah dibersihkan dengan cairan disinfektan.

Handuk 

Foto : Doc. Pinterest

Perlu diketahui, handuk dibuat dengan menggunakan bahan yang menyerap air. Sehingga setiap kali mandi dan cuci tangan handuk ini dapat mengeringkan tubuh dan tangan dengan baik. Namun sayangnya, bahan handuk ini menjadi lembap setiap kali digunakan. Kondisi inilah yang menyebabkan banyaknya bakteri menempel dan berkembang.

Dengan begitu, handuk menjadi salah satu benda terkotor yang perlu dibersihkan secara rutin. Setidaknya, cuci handuk setiap dua hari sekali dan sediakan beberapa handuk sebagai pengganti saat satu handuk sedang dicuci. Usahakan juga untuk menjemur handuk setiap selesai dipakai. Hal ini membantu handuk cepat kering sehingga tidak banyak bakteri yang berkembang di dalamnya.

Spons Cuci Piring 

Foto : Doc. Bukalapak

Seperti terlihat bersih karena selalu terkena sabun, namun ternyata busa atau spons cuci piring menjadi rumah bagi ratusan juta bakteri dan kuman. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan sekitar 75 persen spons dan kain lap makanan yang ada di rumah mengandung bakteri Coliform.

Terlebih lagi, jika spons pencuci piring tersebut selalu dibiarkan dalam keadaan basah atau lembap. Maka bakteri dan kuman pun dapat berkembang dengan cepat dalam kondisi tersebut. Sehingga tidak heran jika spons ini menjadi musuh kesehatan nomor satu.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *