Ragam  

Waw Ternyata Daun Sirih Memiliki Kandungan yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Sirih adalah tanaman asli dari Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sirih dikenal dalam masing-masing bahasa dengan nama yang khas, yaitu: suruh, sireh, bido, base, dan amo. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur untuk menyegarkan mulut karena sifat antibakteri yang dimilikinya dapat mencegah perkembangbiakkan bakteri di dalam mulut.

Baca juga : Ternyata Daun Sirih Bisa di Jadikan Masker Wajah Loh : 4 Manfaat dan Cara Penggunaannya

Banyak sekali kandungan dari daun sirih khususnya daun sirih merah untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari laman halodoc daun sirih juga punya banyak manfaat untuk kesehatan bagian tubuh lainnya khususnya untuk para wanita dimana ramuan daun sirih dipercaya bisa menjaga kesehatan di area kewanitaan dari berbagai penyakit.

Baca juga :Penting ! Ini Daftar Makanan yang Bisa Membantu Cegah Asam Lambung

Mengatasi Gatal di Area Kewanitaan 

Daun sirih memiliki senyawa antibakteri yang dipercaya mampu mencegah bacterial vaginosis yang menyebabkan gatal-gatal di area kewanitaan.

Caranya dengan membasuh bagian luar vagina dengan air rebusan daun sirih yang dipercaya membasmi bakteri. Namun, hindari menggunakan ramuan tersebut dalam jangka panjang karena bisa menyebabkan berubahnya kadar pH di area kewanitaan.

Mengurangi Nyeri Haid 

Selain dapat mengatasi gatal di area kewanitaan, senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirih mampu membantu kita untuk mengurangi nyeri haid. Cukup Caranya dengan merebus sirih bersama kunyit yang mengandung kurkumin. Senyawa tersebut punya sifat anti peradangan yang membantu meredakan rasa nyeri.

Cukup dengan merebus sirih bersama kunyit yang mengandung kurkumin. Senyawa tersebut punya sifat anti peradangan yang membantu meredakan rasa nyeri.

Mengatasi Keputihan 

Dalam sebuah penelitian berjudul The effect of using red betel leaves (piper crocatum) for vaginal discharge among fertile age women (faw) air dari rebusan daun sirih dipercaya mampu mengatasi masalah keputihan bagi para wanita dan juga membersihkan area kewanitaan.

Namun air rebusan daun sirih itu diminum, bukan dibasuh ke area kewanitaan, caranya dengan merebus 3 sampai 4 lembar daun sirih dengan dua gelas air selama 10-15 menit sampai layu lalu diamkan beberapa menit hingga suhunya normal sebelum diminum.

Menyembuhkan Luka 

Senyawa saponin yang terkandung dalam daun sirih merah memiliki manfaat sebagai antioksidan yang bisa mempercepat penyembuhan luka. Sirih merah merupakan tanaman semak, batang bersulur dan beruas, dengan jarak buku antara 5-10 cm, dan pada setiap buku tumbuh bakal akar. Kandungan taninnya juga memproduksi kolagen yang meningkatkan elastisitas tekstur pada kulit sehingga tepian luka bisa menutup lebih cepat.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *