Ketahui Manfaat Air Kelapa Asli untuk Buka Puasa

HALOSMI.COM- Berbukalah dengan yang manis dan segar, selain berbuka dengan sop buah atau es campur berbuka dengan air kelapa asli menjadi pilihan terbaik, mau tau manfaat air kelapa asli untuk buka puasa? Simak dengan baik ya guys.

Ketahui dulu Kandungan air kelapa yang cukup beragam, mulai dari karbohidrat, protein, serat, mangan, kalium, magnesium, natrium, vitamin C, hingga kalsium.

Berkat kandungan tersebut, minum air kelapa saat berbuka bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setelah berpuasa selama berjam-jam.

Berikut ini manfaat dari air kepala asli untuk buka puasa:

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi adalah kondisi yang rentan dialami oleh orang yang sedang berpuasa. Guna mencegah dehidrasi, mengonsumsi air kelapa muda saat buka puasa bisa menjadi cara untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang.

Kandungan elektrolit di dalam air kelapa muda juga dapat membantu meredakan mual yang terkadang muncul saat buka puasa.

2. Membuat Tubuh Lebih Segar

Manfaat air kelapa untuk buka puasa berikutnya adalah menghilangkan dahaga yang tertahan selama seharian, sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar.

Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mengembalikan stamina tubuh, sehingga kalian pun bisa kembali berenergi setelah merasa lemas akibat puasa. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat pada air kelapa yang berbentuk gula alami.

3. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dan Mineral Tubuh

Air kelapa memang mengandung 95% air. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalian tetap bisa mendapatkan berbagai varian nutrisi di dalamnya, mulai dari natrium, kalium, protein, vitamin C, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, asam amino esensial, dan lain sebagainya. Bisa dibilang, salah satu manfaat air kelapa muda untuk buka puasa adalah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

4. Menangkal Radikal Bebas dan Mencegah Penyakit

Sebagai salah satu pilihan minuman untuk buka puasa yang sehat, air kelapa dapat membantu menangkal radikal bebas.

Manfaat ini diperoleh dari sifatnya sebagai antioksidan yang mampu melawan racun serta zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan bisa menyebabkan kerusakan.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat air kelapa untuk buka puasa yang satu ini sayang dilewatkan oleh penderita diabetes. Sederet penelitian menunjukkan bahwa air kelapa bisa untuk menurunkan gula darah karena mengandung zat, seperti magnesium, potasium, mangan, vitamin C, dan L-arginin yang berkontribusi dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

Bila ingin mengonsumsi minuman manis namun khawatir akan lonjakan gula darah, maka air kelapa muda bisa menjadi pilihannya.

Meski terasa manis, minuman ini mengandung gula alami dengan kandungan kadar gula yang tergolong rendah, sehingga aman dikonsumsi bahkan oleh penderita diabetes.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Selain mengontrol kadar gula darah, manfaat air kelapa untuk kesehatan lainnya adalah bisa mengendalikan tekanan darah.

Kandungan kalium di dalam air kelapa muda diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi.

Kalium pada air kelapa membantu ginjal mengeluarkan kadar natrium yang tinggi dari tubuh.

7. Menetralkan Asam Lambung

Manfaat air kelapa berikutnya yang banyak di derita Gen Z nih, dapat menetralkan asam lambung. Sering kali, perut terasa perih saat puasa karena dibiarkan kosong dalam waktu yang lama, sehingga memicu naiknya asam lambung.

Bila mengeluhkan hal ini, cobalah minum air kelapa muda saat berbuka untuk menetralkan asam lambung. Dengan begitu, perut akan terasa lebih nyaman.

Demikian informasi mengenai manfaat dan kandungan dari air kelapa asli atau air kelapa muda saat buka puasa, segar nikmat dan sehat bukan?

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News